Membuat koneksi antar mikrotik dalam VMware

Friday, December 2, 2011 - 9:01 PM WIB - 0 Comments

Kali ini kita akan mencoba menggunakan mikrotik melalui VMware. Bagi yang belum tahu cara menginstalasi VMware bisa dilihat pada cara instalasi VMware.

Pada VMware nantinya kita akan menginstal 3 buah mikrotik dengan nama yang berbeda-beda. Pada contoh kali ini kita akan membuat 3 nama yaitu, BNA, Medan, dan JKT.

Untuk memudahkan proses koneksi nanti dengan mikrotik, pada saat instalasi, pada pengisian Virtual Machine Name kita isi dengan BNA, Medan dan JKT.
Setelah selesai menginstal mikrotik maka akan muncul tampilan login. Isi login dengan Admin dan password dikosongkan. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah.


untuk pertama kali, kita akan fokus dulu kepada mikrotik dengan nama BNA. Ketik system identity set name=BNA untuk mengubah nama identity nya menjadi BNA. Maka identity akan berubah menjadi BNA.   
 
Kemudian kita terlebih dahulu harus menambahkan Ip address pada mikrotik tersebut. Ketik ip address add address=192.168.1.1/24 interface=ether1 lalu tekan enter. Interface kita berikan nama ether1 karena sesuai dengan nama default ketika pertama kali kita install mikrotik. Untuk lebih menyakinkan ketik interface print untuk melihat nama interface yang telah ada.

Selanjutnya, ketik ip address print untuk melihat ip address yang telah kita tambahkan.
untuk memberikan pengamanan, maka kita harus mengatur password untuk login nantinya. Caranya ketik password lalu tekan enter. Kemudian muncul old password. Kosongkan dan tekan enter. Lalu muncul new password dan untuk contoh ini kita ketik password banda. Pada retype new password juga kita ketik banda. Kemudian enter.
Setelah itu kita beralih kepada mikrotik JKT dan Medan yang juga telah kita buat sebelumnya. Masukkan perintah seperti perintah diatas untuk mikrotik BNA. Namun ada beberapa yang harus dibedakan.

* pada mikrotik medan
Ganti ip address menjadi ip address add address=192.168.1.3/24 interface=ether1
*pada mikrotik JKT
Ganti ip address menjadi ip address add address=192.168.1.2/24 interface=ether1
 
Bedakan password untuk tiap mikrotik. Untuk BNA berikan password Banda, untuk Medan berikan password medan dan untuk JKT berikan password Jakarta.

Mikrotik Medan dan JKT telah ditambahkan dengan cara yang sama seperti BNA
kemudian untuk menyambungkan koneksi antara mikrotik BNA dengan Medan, maka ketikkan perintah system telnet kemudian tekan enter maka akan muncul address dan masukkan IP Medan yaitu 192.168.1.3 lalu tekan enter maka akan muncul tampilan login medan. Isikan login dengan admin dan password medan.


maka kini kita telah masuk pada mikrotik medan. Lihat identitynya telah berubah dari BNA menjadi medan.

kemudian kita akan menyambungkan ke JKT dengan cara yang sama, yaitu ketik system telnet lalu tekan enter dan masukkan IP address 192.168.1.2 dan tekan enter. Kemudian login dengan admin dan password Jakarta.
maka sekarang kita telah tersambung dengan mikrotik JKT.


Menyambungkan dengan mikrotik pada komputer lain.
Untuk menyambungkan dengan mikrotik dari computer lain, pertama-tama kita harus menyambung antara computer satu dengan computer yang lain mengunakan kabel UTP. Jika telah tersambung, klik summary view pada menu VMware.

kemudian pada Klik ganda pada Network Adapter untuk mengatur network connection.

kemudian pilih Bridged : Connected directly to the physical network. Kemudian klik ok.

Lalu klik kembali console view untuk kembali pada layar perintah mikrotik.
Jika computer yang lain tersebut juga menjalankan Mikrotik melalui VMware. Pastikan pengaturannya telah diubah seperti pengaturan yang telah kita lakukan sebelumnya. Jika kabel LANnya telah terkoneksi, maka kita kembali ke Mikrotik BNA. Sebagai contoh jika IP address dari computer lain tersebut adalah 192.168.1.4 dengan nama mikrotik Kalimantan dan password kalimantan maka kita dapat menuliskan perintah pada mikrotik sebagai berikut :
System telnet
Address : 192.168.1.4
Kemudian tekan enter maka akan di koneksi ke mikrotik computer yang lain tersebut.
Setelah itu akan muncul perintah login dan seperti sebelumnya masukkan login admin dan password Kalimantan kemudian tekan enter dan…. Kini kita telah terhubung dengan mikrotik pada computer tersebut. Selamat mencoba dan mohon tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas. Salam Elite Word!

Inspirasi Lainnya:

0 komentar

Tinggalkan Pesanmu Di Sini ^^