Obsesi Bikin Sekolahan Sendiri

Tuesday, March 15, 2011 - 11:26 PM WIB - 3 Comments


Assalamualaikum wr.wb.
Halo Frend, Nama gue Aslan Aslan Saputra. Mulai hari ini Blog ini resmi jadi tempat inspirasi gue. Kalo sebelum-sebelumnya gue postingin yang aneh-aneh n copy-paste artikel orang, mulai hari ni gue bertekad untuk ninggalin tu semua.. (Eleh, cem betul aja…). Emang mungkin lo merasa heran nanti dengan postingan-postingan yang bakalan gue buat, tapi itu semua gak bakalan goyahkan gue, biarin aja orang-orang pada bilang apa, yang penting ni blog hasil inspirasi gue yang penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab, hohoho…. Oke, frend, langsung aja nih baca Postingan pertama gue. Salam El-lite Word!

Obsesi Bikin Sekolahan Sendiri

Pagi ni gue kuliah kayak biasa…. Ya, layaknya anak kuliah gue datang trus cari tempat duduk yang agak strategis, maksudnya biar bisa lebih jelas dengerin penjelasan dari dosen. Ntah kenapa tiba tiba pikiran gue melayang ntah kemana, Pikiran gue membuat gue merasa harus memikirkan suatu pemikiran. Eleh, ntah apa ntah… maksud gue, gue tiba-tiba berfikir tentang pendidikan di Indonesia ini, walaupun menurut gue pikiran itu gak penting dipikirin, bahkan menteri pendidikan aja gak seserius gue mikirin tu pendidikan. Tapi tiba-tiba sinar kepedulian berbalut pengharapan datang mewarnai pikiran gue. Emang sih terkesan munak, tapi toh siapa juga yang mau marah, itu kan khayalan gue doang. So, gue lanjutin tu pikiran yang mulai berubah jadi khayalan.

Di Dunia Khayalan gue sendiri, gue adalah seseorang yang kaya raya.. hahahaha.. ( jangan marah loe, ni kan khayalan gue, jadi ya suka-suka gue kalo gue mau jadi apa). Lalu gue melirik kekiri dan kekanan. Tiba-tiba gue merasa iba dan akhirnya mulai merencanakan bakal membuat sebuah sekolah. Sekolah  itu nanti akan gue bikinin gedung sekolah yang sangat mewah dan inovatif. Gue akan membuat Sekolah setara SMA yang kurikulumnya semau gue. Maksudnya bukan semau gue ajarin siswa-siswanya sesuka gue, tapi, gue pengen buat sekolah Teknik Informatika setara SMA yang selama 3 tahun itu para siswanya sudah lebih mengenal arah pembelajaran mereka selanjutnya. Ditahun pertama tu  mereka akan diajarin mata pelajaran UN sebanyak 50 % dan 50 % lainnya akan di ajarin paket mata pelajaran Teknik Informatika. Ditahun kedua mereka akan diajarin mata pelajaran UN sebanyak 40% dan mata pelajaran Teknik Informatika 40% dan pengembangan bakat mereka 20%. Mata pelajaran pengembangan bakat itu menurut gue sangat penting karena mereka akan lebih terpacu dan lebih jenius klo mereka berada pada posisi pekerjaan yang mereka sukai. Jadi di mata pelajaran pengembangan bakat selama seminggu mereka tu akan diberikan beberapa games dan kuis yang nanti hasilnya akan mengarah kepada apa yang mereka bakati dan minati. Seperti contoh, dihari pertama mereka akan diberikan 5 buah kertas kosong dan pengajar nyuruh mereka untuk mengambar apapun yang mereka mau selama 1 jam. Lalu dari hasil gambar itu bisa kita ambil sampel bahwa ada berapa orang siswa yang jago gambar dan berapa orang siswa yang tidak jago gambar. Dan begitu selanjutnya, kita berikan mereka games-games lainnya sampai nanti ujungnya kita jadi tau apa-apa aja bakat dan minat mereka n bukannya gak mungkin mereka punya lebih dari 1 bakat dan minat.
Nah, lain lagi cerita apabila mereka punya minat yang tinggi tapi gak ada bakat sedikitpun di minat mereka tersebut. Di mata pelajaran pengembangan bakat nantinya mereka akan diajarin gimana-gimananya tentang minat mereka. Jadi fungsi dari mata pelajaran pengembangan bakat tu bisa buat siswa jadi lebih jago dengan apa yang mereka bakati dan minati. Itulah visi dan misi rancangan sekolah gue. Ditahun ketiganya mereka Cuma belajar mata pelajaran UN 30%, mata pelajaran IT 50%, dan 20 % sisanya untuk jadwal praktek mereka.. nantinya mereka bakal buat proyek IT sendiri baik brupa group maupun perorangan
Di awal gue ada bilang kalo gue akan buat gedung sekolahnya sangat mewah dan inovatif super duper kereeeen abis… (hehe,, ada penambahan dikit emang…). Gedung sekolah nya nanti akan gue design menjadi 5 tingkat. Di lantai pertama ada ruang lobi, ruangan lapangan basket, ruang auditorium, dan ruang-ruang yang belon tau gue apa fungsinya. Di lantai kedua udah mulai ada beberapa ruang kelas, ruang diskusi, kantin, toilet, lapangan futsal dan beberapa ruangan yang juga masih belom gue pikirin untuk apa. Di lantai ketiga tetep ada ruang kelas, lab pemrograman, ruang rendering, studio broadcast, lab visual, dan juga beberapa ruangan yang juga belom gue pikirin untuk apa nantinya. Di lantai ke empat hanya ada sedikit kelas, ada ruangan berfikir, ruangan café internet, ruangan presentasi, ruangan kreatif, dan juga ruangan yang masih belom gue pikirin apa fungsinya. Nah, dilantai kelima ada ruangnya head master dan beberapa ruang rapat juga ruang-ruang rahasia lainnya…
Yang bikin sekolah gue kereeen dan inovatif adalah gedung tu punya fasilitas lift, ruang kelas yang memiliki fasilitas Ac, Meja+kursi bersih, whiteboard pake spidol, camera cctv di beberapa sudut dan 1 camera bagus yang ditempatkan di suatu tempat yang bisa merekam saat guru menjelaskan pelajaran dan nantinya hasil video guru yang mengajar itu akan di upload di website sekolah agar bisa di download oleh siswa yang ingin mengulang pelajaran dan juga sebagai monitoring cara mengajar guru oleh tim pemantau dan penilai guru, jadi klo ada guru yang gak jelas cara ngajarnya maka akan di panggil keruang kepala sekolah…sadis.
Selain tu ada juga fasilitas internet super cepat. Jadi siswa bisa upload dan download sepuasnya. Siswa juga masing-masing diwajibkan untuk memiliki blog atau website pribadi agar nantinya mereka bisa mandiri dengan blog pribadi tanpa harus bergantung pada situs jejaring social lainnya.
Selain semua itu, disekolah gue nantinya juga bakalan gue buat pelatihan membaca Alquran dan pelajaran agama islam lainnya, supaya lulusan-lulusan sekolah gue juga bakalan punya bekal untuk hidup di dunia dan di akhirat.. (aseeeek…). Untuk itu ntar sekolah bakal gue buat gratis semuanya mulai dari biaya SPP, Biaya Fasilitas dan bahkan gue beri Laptop bagi siswa yang kurang mampu,, hehehe,, lo pikir gratisnya untuk semua apa? Gilaa loe,, bangkrut mah gue… untuk murid yang kelas menengah keatas tu yang gratis mungkin Cuma toilet kali ya..? hehehe.. gak, bercanda. Untuk siswa kelas menengah keatas juga tetep gue beri gratisan, tapi Cuma gratis internetan n biaya fasilitas. Gue pengen lulusan sekolah gue nantinya merupakan anak-anak bangsa yang siap membawa Indonesia menuju puncak kejayaan di kancah internasional,, eleh,, keseleo gue ngomongnya…
Tiba-tiba Dosen manggil nama gue,, “Aslan, Coba kamu selesaikan konversi binary ke hexadesimal!”. Mampuss gue,, dari tadi gak nyimak yang dosen jelasin,, yaudah bro.. ntar kita sambung lagi khayal-mengayalnya.. gue mau focus kuliah dulu… oke…!!

Salam El-Lite Word!

Inspirasi Lainnya:

3 komentar

  1. Bagi temen2 yang mau komentar n kasih masukan silakan....

    ReplyDelete
  2. Inovatif Postingannya mas....

    ReplyDelete
  3. wah... terima kasih mas ' anonim'... :D

    btw mas ini siapa ya???

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesanmu Di Sini ^^